Rabu, 07 November 2012

Prilaku Konsumen


Prilaku Konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan. Prilaku konsumen merupakan hal – hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian.
Terdapat 3 pendekatan utama
-          Pendekatan Interpretif adalah menggali secara mendalam prilaku konsumsi dan halyang mendasarinya.
-          Pendekatan Tradisional adalah didasari pada teori dan metode dari ilmu pisikologi kognitif, social, dan behaviorial serta ilmu sosiologi.
-          Pendekatan Sains Pemasaran adalah didasari pada teori dan metode dari ilmu ekonomi dan statistika.
Proses Pengambilan Keputusan Pembelian
1.      Pengenalan Masalah
2.      Pencarian Informasi
3.      Mengevaluasi Alternatif
4.      Keputusan Pembelian
5.      Evaluasi Pasca – Pembelian
Dicontohkan pada pembelian motor.
Keputusan pembelian sepeda motor semakin berragam alas an dan latar belakangnya yang didorong oleh berbagai pergeseran karena perubahan teknologi, gaya hidup, dan persepsi tentang perubahan itu sendiri. Pembelian sepeda motor dihadapkan pada pilihan antara membeli alat angkut, membeli teknologi, membeli pendongkrak status social dan membeli life style. Keragaman kondisi social ekonomi, kematangan dan sikap terhadap teknologi, dan kebutuhan alat transportasi memerlukan keragaman cara mengambil keputusan membeli. Keragaman ini memerlukan pendekatan statistic , hasil analisis menyatakan bahwa konstruk emosi memiliki pengaruh lebih besar terhadap niat beli daripada konstruk persepsi harga terhadap keterlibatan, keterlibatan terhadap emosi dan persepsi kualitas terhadap emosi. Persepsi harga, persepsi kualitas, dan emosi membentuk satu jalur hubungan yang mempengaruhi niat beli konsumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar