Prilaku
Konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan
pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan
jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan. Prilaku konsumen merupakan hal –
hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian.
Terdapat
3 pendekatan utama
-
Pendekatan Interpretif adalah menggali secara mendalam prilaku
konsumsi dan halyang mendasarinya.
-
Pendekatan Tradisional adalah didasari pada teori dan metode dari
ilmu pisikologi kognitif, social, dan behaviorial serta ilmu sosiologi.
-
Pendekatan Sains Pemasaran adalah didasari pada teori dan metode
dari ilmu ekonomi dan statistika.
Proses
Pengambilan Keputusan Pembelian
1. Pengenalan
Masalah
2. Pencarian Informasi
3. Mengevaluasi
Alternatif
4. Keputusan
Pembelian
5. Evaluasi Pasca
– Pembelian
Dicontohkan
pada pembelian motor.
Keputusan
pembelian sepeda motor semakin berragam alas an dan latar belakangnya yang
didorong oleh berbagai pergeseran karena perubahan teknologi, gaya hidup, dan
persepsi tentang perubahan itu sendiri. Pembelian sepeda motor dihadapkan pada
pilihan antara membeli alat angkut, membeli teknologi, membeli pendongkrak
status social dan membeli life style. Keragaman kondisi social ekonomi,
kematangan dan sikap terhadap teknologi, dan kebutuhan alat transportasi
memerlukan keragaman cara mengambil keputusan membeli. Keragaman ini memerlukan
pendekatan statistic , hasil analisis menyatakan bahwa konstruk emosi memiliki
pengaruh lebih besar terhadap niat beli daripada konstruk persepsi harga
terhadap keterlibatan, keterlibatan terhadap emosi dan persepsi kualitas
terhadap emosi. Persepsi harga, persepsi kualitas, dan emosi membentuk satu
jalur hubungan yang mempengaruhi niat beli konsumen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar